Cara Membuat Company Profile Menarik
(from blog.sribu.com) |
Company profile atau profil data dari perusahaan
merupakan penjelasan tentang suatu perusahaan termasuk di dalamnya produk yang
dihasilkan baik secara verbal maupundalam bentuk grafik. Biasnaya juga akan
memuat corporate value lengkap dengan keunggulan perusahaan.
Profil perusahaan ini juga dapat menjadi media publik
relasi sebagai representasi perusahaan tersebut. Yang dapat meningkatkan nilai
perusahaan di antara pesaing lainnya guna memberikan pengaruh bagi calon
pelanggan lain.
Isi Company Profile
1.Informasi Tentang Perusahaan
Informasi perusahaan yang dimulai dari sejarah
perusahaan berdiri hingga nomor telepon yang dapat dihubungi oleh masyarakat
luas.
2.Status Perusahaan
Status perusahaan juga wajib seperti, status berupa
startup (perusahaan rintisan), outsourching dan sebagainya.
3.Statistik Umum Perusahaan
Statistik perusahaan yang dimaksud bisa berupa besaran
jumlah pegawai, banyaknya pabrik hingga jumlah sejumlah kantor cabang.
Identitas sangat penting dicantumkan dalam halaman profil perusahaan demi
memperoleh lebih banyak peluang dalam menemukan investor.
4.Rencana Masa Depan Perusahaan
Hal ini mengingat bahwa rencana bisnis bagi seorang
pengusaha merupakan hal cukup penting. Melalui rencana masa depan, maka suatu
perusahaan dapat berkembang semakin lebih baik.
Cara Membuat Company Profile yang Bagus
1. Buatlah Profil Perusahaan Secara Singkat, Padat dan
Jelas
Menjelaskan mengenai produk perusahaan akan lebih baik
jika menggunakan cara yang efektif dan efisien. Dengan begitu tidak banyak
membuang waktu dan target pasar jadi lebih fokus mengetahui informasi yang
ingin disampaikan. Jadi dalam pembuatan comprof harus singkat, padat dan jelas.
2. Langsung ke Pokok Persoalan
Dalam membuat company perusahaan tidak perlu
bertele-tele dan banyak basa basi. Langsung saja tuliskan pokok persoalan dari
informasi perusahaan yang ingin disampaikan kepada pembaca. Tujuannya supaya
pembaca bisa langsung menangkap isi dari comprof yang Anda buat. Dalam
membuatnya Anda bisa coba dengan memilih gambar yang paling menarik dari stok
yang ada. Pilih juga kata-kata yang paling dibutuhkan dan sangat penting
diketahui oleh pembaca. Untuk setiap headline diberi tulisan yang lebih tebal
atau beda warna. Buatlah headline yang menarik dari setiap informasi yang ingin
dibuat.
3. Gunakan Data yang Akurat
Data yang tertuang dalam comprof harus terjamin
keakuratannya. Hal ini sangat penting karena data yang akurat akan menambah
kepercayaan pembaca terhadap perusahaan Anda. Dari informasi brosur comprof
yang Anda buat terkadang pembaca langsung konfirmasi terkait informasi yang
tertuang dalam brosur comprof. Terutama dalam hal kelebihan yang dimiliki
perusahaan buatlah yang sesuai dengan kenyataan yang ada. Meskipun niat Anda
untuk menarik pembaca agar menggunakan produk atau jasa perusahaan tapi
kejujuran tetap harus diutamakan. Hal ini berguna menjaga kepercayaan pembaca
untuk efek jangka panjang.
4. Informasikan Data yang Ter-Update
Informasi yang Anda sajikan juga sebaiknya yang up to
date. Misalnya saja Anda menawarkan sebuah promo potongan harga sampai 50% di
bulan ini. Maka promo tersebut harus ada ketika brosur disebarkan. Jangan
sebarkan brosur kalau ternyata promonya sudah terlewat karena hanya akan
mengecewakan pembaca.
5. Sajikan Company Profile dengan Cara yang Kreatif
Pembuatan comprof yang biasa saja tidak akan menarik
pembaca untuk sekedar melihat atau membacanya. Biasanya kalau sajian comprof
biasa saja cuma akan dibuang begitu saja. Mulai dari pemilihan Bahasa,
gunakanlah Bahasa yang verbal dan visual. Jadikan brosur yang bisa
membangkitkan minat, perhatian dan kesan positif. Dengan begitu akan mudah
dinikmati dan diterima pembaca.
Nama : Izzati Hanifah
NPM : 56417522
Referensi :
https://www.hanindo.co.id/portfolio/tampak-berkesan-cari-tahu-cara-membuat-company-profile-dari-media-yang-digunakan-sampai-isinya
https://qwords.com/blog/contoh-company-profile/
Komentar
Posting Komentar