Tutorial Instal dan Penggunaan Prestashop Dengan XAMPP



Oleh:
Izzati Hanifah
56417522

Untuk menginstall dan menggunakan prestashop di localhost kita dapat menggunakan XAMPP. Disini akan dijelaskan dengan versi terbaru XAMPP dan juga Prestashop versi 1.7

Berikut ini langkah - langkah yang harus dilakukan yaitu pertama Menginstal prestashop kemudian akan masuk ke penggunaan prestashop.


Langkah - Langkah Instal  Prestashop 1.7.4.4  :

Sebelum Anda memproses lebih lanjut, persiapkan terlebih dahulu seluruh software yang dibutuhkan. Download dan install aplikasi tersebut di komputer Anda. Jika Anda belum memiliki XAMPP pada komputer Anda, Anda dapat mendownload XAMPP terlebih dahulu, lalu install di komputer Anda. Kemudian lanjutkan dengan download PrestaShop.
1. Jika komputer anda belum memiliki XAMPP maka Install terlebih dahulu XAMPP di komputer anda.
2. Setelah selesai menginstall XAMPP kemudian mount atau ekstrak Prestashop.zip yang telah di download tadi.
3. Kemudian folder prestashop yang telah diekstrak tadi di letakkan di dalam folder htdocs yang ada di folder XAMPP yang ada di "C:\xampp\htdocs"
4. langkah selanjutnya adalah buka xampp control panel.
5. kemudian klik Start pada pilihan Apache dan MySQL.
6. kemudian buka browser anda. Dan masuk ke PHPMyAdmin “http://localhost/phpmyadmin” (tanpa tanda petik) untuk membuat database anda. Kemudian anda dapat memilih bahas yang anda inginkan.
7. setelah itu klik basis data yang ada pada baris menu diatas. kemuadian buat database dengan nama yang anda ingin. dan klik buat. untuk membuat database anda.

8. kemudian buat nama tabel dan berapa kolom yang dibutuhkan. Setelah itu klik kirim. membuat database selesai. Dan nanti dapat diubah lagi.
9. Sekarang masuk ke halaman baru. Kemudian masuk ke Prestashop Setup Wizard menggunakan alamat link “http://localhost/prestashop” (tanpa tanda petik). Lalu anda dapat memilih penggunaan bahasa yang diinginkan. Setellah itu klik next.

10. kemudian ceklist pada persetujuan, kemudian klik next.

11. Setelah itu, buat nama toko online anda sesuai yang anda inginkan. kemudian Klik next.


12. Setelah selesai, isi data sesuai dengan database yang telah dibuat sebelumnya. kemudian klik Next.

13. Selenjutnya biarkan proses instalasi selesai.

14. Setelah proses Instalasi selesai maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

15. Agar bisa masuk dalam PrestaShop yang telah Anda install sebelumnya, Anda diminta untuk menghapus folder “install” dalam folder “Prestashop” yang berada dalam direktori “Local disk C ->XAMPP ->htdocs”.

16. Jika folder “install” tersebut telah terhapus, maka sekarang Anda dapat masuk ke web PrestaShop Anda. Dengan masuk ke link "http://localhost/prestashop/". Ketikkan alamat email dan kata sandi yang sesuai dengan pada saat proses instalasi PrestaShop. Lalu tekan tombol “Login”.



Selanjutnnya adalah langkah - langkah dalam penggunaan Prestashop.


Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

Masuk ke halaman Prestashop anda dengan Link "http://localhost/prestashop/". kemudian Login. Dan hal pertama yang akan kita lakukan adalah memasukkan produk yang akan kita jual, kemudian mengatur jasa pengiriman dan yang terakhir adalah proses pembayaran.


Pertama adalah menambhakan produk yang akan kita jual.
Untuk menambahkan produk :

1.  Pertama kita klik “Jual => Katalog ” untuk menambahkan kategori produk yang akan kita jual.
2. Kemudian klik “tambah kategori baru”
3.  Disana kita akan membuat kategori dari produk yang akan dijual. Kategori dibuat satu persatu, setelah itu klik simpan. Dalam satu kategori juga dapat dibuat cabang lagi. Dengan memilih kategori yang telah kita buat ppada bagian kategori induk.
4.  Setelah selesai membuat kategori maka masukkan produk yang akan dijual dengan mengklik mengklik “Jual => Katalog => Produk”
5. Kemudian klik “tambah produk baru”. Kemudian masukkan foto produk yang akan dijual.
6. Kemudian isi keterangan terkait barang yang akan kita jual seperti nama produk, harga, kategori produk dsb pada tabel kotak yang telah disediakan.
7. Untuk menambahkan keterangan seperti warna, ukuran dan merek produk di bagian “fitur”

8. Setelah menambahkan produk maka klik “simpan” 

kemudian kita akan mengatur untuk jasa pengiriman yang akan digunakan.









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Dan Biografi Moh Yamin, Sang Pelopor Sumpah Pemuda

PENGANTAR TEKNOLOGI GAME #AKHIR